Thursday, September 29, 2016

CARA MEMISAHKAN INJECTOR DARI JOINT COMP VARIO 125

Oke kali ini ketemu lagi deh..hehhe
setelah pada artikel sebelumnya saya menunjukan cara melepas selang injector di vario 125,untuk artikel kali ini saya akan menunjukan bagaimana sih melepas injector dari joint comp vario 125 juga yang bertujuan untuk di bersihkan.

oya ngomong-ngomong dah pada tau belum joint comp tu apa?
buat yang belum tau saya kasih tau ya....!!!!
joint comp itu kalo orang menyebutnya biasanya kepala injector atau sambungan injector, kalo bahasa bengkel saya sih nyebutnya kerangka injector.

bentuknya kaya gini nih
vario 125



loh kenapa kok di lepas dari injectornya? apa memang harus di lepas ya? apa gak bisa di bersihin tanpa melepas joint comp nya?

oke saya sedikit jelaskan ya....di karenakan yang saya gunakan nantinya pembersihan injector secara manual (kita bahas pada artikel selanjutnya) di sarankan untuk melepas joint comp nya.

sebenarnya bisa-bisa saja sih di bersihkan tanpa melepas joint comp nya, cuman..pembersihan injector tanpa melepas joint comp biasanya hasilnya kurang maksimal di karenakan tidak langsung ke sasaran utama injectornya dan tentunya ada resiko jika kita membersihkannya tanpa melepas jointcomp nya. Injector bisa saja terpental saat di bersihkan secara manual karena tekanan dari alat pembersih manual tersebut (tentang cara bersih-bersih injectornya kita bahas di artikel kedepannya) dan bisa mengakibatkan kerusakan pada injector,di karenakan kekuatan pengait antara injector dan joint comp hanyalah sebuah sil/oring bulat.maka sangat di sarankan jika membersihkan injector secara manual,lebih baik lepaskan joint comp nya.

oke langsung saja ya..biar ndak penasaran..

pertama buka jok,bagasi,dan dashbor penutup bagasi depannya pakai kunci T10 dan obeng(+)
setelah terbuka semua,bukalah selang injectornya,..tapi sebelum membuka selang injector pastikan dulu kontak posisi OFF.

yang belum tau cara buka selang injector tengok lagi artikel sebelumnya DI SINI 

Selanjutnya lepas soket yang menempel di injector kemudian buka 2 baut pengait injector menggunakan kunci T10. lalu lepaskan injector dari intake/pipa in.
kemudian setelah itu lepaskan oring/Sil dan simpan oring tersebut. 
Nah sekarang injector siap untuk di lepas dari joint comp


oke sekarang EKSEKUSI nya..ada 2 versi di sini

versi pertama langsung saja injector di tarik dengan tangan jika dirasa bisa terlepas dari jointcomp nya,tapi jika dirasa cukup kuat pengait silnya dan susah untuk melepasnya maka tidak ada salahnya mencoba versi yang ke dua yang saya jabarkan ini...langkahnya adalah:

persiapkan obeng (-) tipis kecil

kemudian langsung saja congkel selah kanan dan kiri dari injector yang menempel di joint comp dengan obeng (-) tipis kecil secara perlahan,secara bergantian dan tentunya hati-hati


setelah di rasa sudah cukup bisa untuk di tarik dengan tangan,maka tarik injector sampai terlepas.
setelah injector terlepas lalu lepaskan oring/sil yang menempel di badan injectornya.
daaannn taraaaaaa.........injector siap untuk di bersihkan.





jika di rasa kurang jelas silakan tonton video tutorialnya  DI SINI


DEMIKIAN ARTIKEL KALI INI,SEMOGA BERMANFAAT



No comments:

Post a Comment