Tuesday, October 4, 2016

CARA MEMBERSIHKAN INJECTOR

Artikel kali ini sebenarnya adalah artikel lanjutan dari artikel-artikel sebelumnya. maka dari itu isi dari artikel ini mungkin hampir saling berhubungan dengan topik yang telah sebelumnya sudah pernah saya unggah.

Sesuai janji saya,saya akan meneruskan pokok bahasan tentang kendala vario 125 generasi pertama yang mana kali ini akan mengulas agak lebih kedalam lagi pembahasan dan pembongkaranya,...fokusnya pada kendala brebet pada vario 125,saat di bawa untuk berjalan dan susah hidup untuk pertama kali di hidupkan.

mungkin dari kalian sudah mengikuti tips artikel yang saya tulis sebelumnya.yang mana sudah melakukan kriteria yang saya sebutkan,tentang jenis bahan bakar yang di pakai,penggantian filter dan juga busi pengapian tetapi masih saja belum menemukan solusi.

pada hari ini saya akan fokuskan kedalam lagi bagaimana untuk mengatasi hal tersebut...
yang akan saya bahas adalah tentang komponen yang bekerja untuk pengolahan bahan bakar itu sendiri. dimana faktor pengolahan bakar itu sendiri pengaruhnya sangat besar untuk kemaksimalan kendaraan bermotor.

Oke ndak usah panjang lebar langsung ke pokok bahasan

kali ini yg akan saya coba jabarkan adalah tentang kerjanya komponen transfer bahan bakar di motor injeksi,yang meliputi INJECTOR dan POMPA INJEKSI/FUELPUMP

FUELPUMP


INJECTOR



saya akan bahas satu per satu, mulai dari INJECTOR dulu ya.
apa itu injector dan cara kerjanya gimana
injector adalah nama alat/komponen pada motor sistem injeksi sebagai pensuplay bahan bakar yang nantinya akan di bakar di ruang bakar. cara kerja injector itu sendiri adalah menyemprotkan bahan bakar berupa kabut untuk di bakar di ruang bakar. inilah alasan kenapa motor injeksi itu irit bahan bakar,,,lha wong yg di olah kabutnya aja...

lho trus hubungane sama mrebet apa?

injector hanya mempunyai lubang-lubang sangat kecil.....jika lubang-lubang itu tersumbat kotoran,maka bisa di pastikan aliran penyemprotan ini tidak lancar dan bisa mengakibatkan motor menjadi tidak normal dikarenakan pembakaran tadi tidak sempurna.

Nah inilah yang akan kita proses,bagaimana sih membersihkan injector yang tersumbat tersebut....untuk pembersihanya jangan asal-asalan ya. di karenakan injector ini sangat rawan JANGAN SEKALI-KALI  MENIUP ATAU MEMBERSIHKAN INJECTOR DENGAN TEKANAN ANGIN KOMPRESOR. itu akan sangat fatal dan bisa saja merusak injector.

Disini saya akan mempraktekan caranya bersih-bersih injector menggunakan alat buatan sendiri.

INI ALATNYA


ALAT INI BISA UNTUK MEMBERSIHKAN  INJECTOR SEMUA JENIS MOTOR INJEKSI

-pertama-tama tentunya harus punya keberanian untuk membongkar injectornya(selalu HATI-HATI dalam membongkar)
-kedua siapkan peralatan untuk membuka penutup-penutup injector yang menghalangi injector untuk  di besrihkan (kunci T10,obeng +,dan obeng - kecil/tipis)
-punya alat yang untuk membersihkan injector tersebut,ini sebenarnya alat manual untuk rangkaian nya nanti saya buatkan pada artikel mendatang.

langkahnya adalah;(INGATLAH CARA URUTAN MELEPASNYA SEBAGAI ACUAN URUTAN PEMASANGAN NYA???....)
1.buka penutup yang menghalangi injector untuk di buka....jok dan bagasi beserta dashboar nya.menggunakan alat yang telah di sediakan di atas.
2.selanjutnya buka selang pada injector,(pastikan dulu posisi kontak pada posisi OFF).yang belum tau cara melepas selang injector KLIK SINI....setelah itu buka soket injector,dan buka 2 baut pengikat injector.
3.lepaskan injector dan simpan oring/sil yang menempel di injector
4.pisahkan antara injector dan joint comp nya (kepala injector) yang belum tau caranya bisa KE SINI
5.setelah itu bersihkan dengan alat yang telah di buat.

gambar sedikit berbeda dengan yang di atas karena memang ini belum di rapihkan...hehehe
tapi cara kerjanya tetap sama 


kelengkapanya adalah:
-cairan carb cleaner/injector clener dan sejenisnya
-kepala tabung cleaner modifikasi yang telah saya buat
-aki 12v untuk sumber tegangan
-wadah baskom,,,buat wadah keluarnya cairan injector nantinya agar gak berceceran

PRAKTEK LANGSUNG VIDEO



setelah injector dirasa sudah bersih selanjutnya pasang kembali injector ke motornya dengan acuan bagaimana tadinya melepaskanya. setelah terpasang cobalah hidupkan.....greeeeeeenggg..

bagaimana? apakah ada perbedaannya? mudah mudahan sampai di sini masalah terselesaikan..

tapi jika masalah belum juga terselesaikan cobalah meminjam injector dari kawan atau saudara yang mempunyai motor jenis tersebut. setelah di ganti dengan injector motor kepunyaan kawan atau saudara motor menjadi normal maka masalah berada pada injectornya. segera saja ganti injectornya(REKOMENDASI SPAREPART ASLI)

akan tetapi jika dengan cara di atas belum juga menemui solusi maka bisa mencoba ke tahapan akhir yaitu membersihkan bagian FUELPUMP.
apa itu FUELPUMP nanti kita bahas lagi selanjutnya..

tetap stay di blog ini...mudah-mudahan mengundang manfaat

TERIMA KASIH


No comments:

Post a Comment