Saturday, October 8, 2016

CARA MELEPAS DAN MEMBERSIHKAN FUELPUMP TANPA BONGKAR SEMUA BODI

Oke sesuai judulnya ya,yang akan kita bahas kali ini adalah  tentang bagaimana melepas fuelpump injeksi tanpa harus membongkar semua body dengan tujuan bisa mempersingkat waktu untuk membersihkan pompa terebut.

sebenarnya ini masih artikel lanjutan setelah kita kemarin sempet membahas tentang bagaimana cara bersih-bersih injector.

sebelum saya membahas tentang cara pembongkaranaya ,sedikit saya jelaskan apa itu fuelpump dan cara kerjanya gimana?
FUELPUMP adalah komponen  pada motor injeksi yang di tanam di dalam tangki bahan bakar untuk memompa/mengalirkan bahan bakar menuju injector. yang mana cara kerjanya adalah memompakan bahan bakar dari tangki menuju  ke injector melalui selang injector dan menimbulkan TEKANAN yang akhirnya di semprotkan dan di bakar di ruang bakar pada motor.

Sesuai pokok bahasan kemarin jika kendala mrebet pada motor belum menemui solusi maka langkah terakhir yang kita kerjakan adalah membongkar bagian-bagian dari fuelpump ini...kenapa di bongkar?apakah ada hubunganya sama brebet kalo pompa ini bermasalah?
 yapz,,..jika pompa bermasalah maka kemungkinan-kemungkinan seperti brebet/susah hidup bisa terjadi...dan jika pompa tekanan lemah tidak terdeteksi oleh lampu MIL.
kenapa sih kok pompa lemah bisa mengakibatkan brebet?...karena pemompaan bahan bakar dalam motor injeksi itu di tahan oleh selang dan injector yang menimbulkan ukuran tekanan standar pada motor sebelum di semprotkan oleh injector itu sendiri. jika ukuran tekananan kurang dari ukuran motor tersebut maka bisa memungkinkan akan menemui kendala yang mana bisa saja terjadi brebet atau susah di hidupkan.

apa saja sih penyebab dari tekanan bisa turun dari ukuran standar?
1.tersumbatnya  saringan fuelpump oleh kotoran-kotoran dalam tangki
2.menyumbatnya kotoran di dalam pompa tersebut yang menghambat putaran rotax.
3.fuel pump sudah lemah.


nah dari sebab-sebab di atas saya akan mencoba langkah sederhananya dulu .yaitu dengan cara membersihkanya dahulu (poin 1 dan poin 2) sebelum memutuskan untuk mengganti fuelpump jika terbukti tidak memungkinkan untuk di gunakan.

sebelum ke eksekusi kita pastikan dulu apakah ukuran tekanan sudah memenuhi ukuran standar atau di bawah standar,jika di bawah standar maka sebelum mengganti tidak ada salahnya untuk di bersihkan terlebih dahulu.


yg akan saya praktekan adalah membongkar fuelpump khususnya pada vario 125 tanpa membongkar body seutuhnya.

langkah awal adalah;
-membongkar jok,bagasi,dan dashboard penutup bagasi
- buka tutup tangki dan sedot bensin sampai habis
-geser lepas kabel dari pemutup fuelpump



-angkat penutup fuelpump ke atas sampai terlihat fuel pump nya




-lepaskan soketan pada fuelpump


-buka klip pengunci selang dan buka selangnya


-lihatlah 4 mur tahanan fuelpump pada gambar dan bukalah menggunakan kunci ring 10 sampai terlepas semua dan bukalah juga penahan2nya.dan simpanlah.


-lalu angkat fuelpump dengan hati-hati sampai keluar dari tangki


ini adalah penampakan dari fuelpump setelah keluar dari tangki







setelah terlepas semuanya sekarang membongkar bagian2 dari puelpump nya untuk di bersihkan.

1.pertama buka saringannya 
caranya:putar saringan searah jarum jam dengan bantuan mencongkel dengan obeng kecil
lalu jemur saringan di terik matahari.
2.lepaskan  dan simpan oring nya


3.bukalah semua kabel ingat dan perhatikan warna yang menempel


4.buka ke empat klip pengunci fuelpump dengan bantuan obeng tipis secara hati-hati
5.lepaskan kerangka  fuelpump
6.lepas rotak/dinamo pompanya,simpan oring yang menempel di lubang output rotax


7.lalu sebelum ke tahap pembersihan ada sedikit yang harus di bongkar pada rotak,tapi harus HATI:HATI.. yaitu harus membuka klep  rotax, agar cairan cleaner bisa masuk ke dalam rotax(letaknya di lubang output rotax) lihat gambar



nah setelah di buka,,semprot bagian dalam rotax menggunakan cairan cleaner,sampai karat dalam rotax bersih.(JANGAN MENYEMPROT LUBANG ROTAX DENGAN ANGIN KOMPRESOR,CUKUP GOYANG - GOYANGKAN CAIRAN DALAM ROTAX LALU BUANG..ULANGI LANGKAH TERSEBUT SAMPAI BERSIH)

-setelah bersih pasang kembali klep rotax ke semula.
-coba cek rotax apakah berfungsi normal caranya DISINI

-ambil  saringan  yang telah di jemur di terik matahari,lalu semprot menggunakan angin kompresor sampai bersih.

-satukan dan pasang kembali rotax,kerangka dan saringan beserta kabel-kabelnya ke semula
-pasang kembali ke tangki,,isi bahan bakar dan ukurlah tekanan puelpump...jika tekanan sudah sesuai ukuran maka dapat di pastikan keadaan fuelpump sudah normal.
-cobalah hidupkan motor.mudah-mudahan sampai disini aman dan motor kembali bisa normal.

jika tekanan  masih di bawah ukuran standar maka coba ganti fuelpumpnya

DI SINI SAYA ADA VIDEO SEBELUM DAN SETELAH KOMPONEN DARI INJEKSI DI BERSIHKAN,,,

SEBELUM DI BERSIHKAN DISINI
SETELAH DI BERSIHAN DISINI


SEMOGA BERMANFAAT

4 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Mas kalo kabel yg terendam bensin mengelupas gimna.?

    ReplyDelete
  3. Mas fiul pump saya ganti total tidak dengung minyak jala terus dan lampu mil tidak hidup kenapa mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin arus listrik ke jalur fuel pump putus

      Delete